ABSTRAK Skripsi
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode PQ4R dalam pembelajaran
matematika dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Depok pada pokok
bahasan teorema Pythagoras.
Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu
dengan desain Posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas 2
variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran metode PQ4R (Preview, Question, Read,
Reflect, Recite, Review) dan variabel terikat berupa hasil
belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 137
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang terbagi
dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak,
dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji
prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata
keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen,
normal dan tidak ada perbedaan signifikan
rata-rata. Sehingga
diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan
tes. Lembar observasi dan
gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika
menggunakan metode pembelajaran PQ4R. Teknik
analisis data menggunakan uji t.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode
pembelajaran PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Depok pokok bahasan teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian
pada tabel Independent Samples Test bahwa thitung > ttabel
yaitu 2,317 > 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 < 0,050.
Kata
Kunci: Metode PQ4R, Hasil
Belajar Siswa.