gravatar

Ciri-ciri program akselerasi

Bangsa Indonesia dalam era sekarang ini tidak dapat mengelak dari kenyataan bahwa masa depan umat menuntut kemampuan yang besar untuk bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain, tetapi sekaligus juga harus sanggup untuk bersaing dengan mereka. Kita sebagai bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan dalam berbagai bidang yang musti harus dipersiapkan oleh pendidikan nasional dalam mencapai tataran kualitas yang tinggi. Hal ini menuntut agar dilaksanakan peningkatan pemerataan dan mutu dalam memberikan layanan pendidikan secara nasional sesuai apa yang kita harapkan.

Setiap individu antara satu dengan yang lain memiliki potensi tidak sama, oleh karena itu dalam memberikan layanan pendidikan agar sesuai dengan potensinya. Secara keseluruhan kelompok tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, untuk sebagian terbesar berada pada satu atau dua persen dari keseluruhan (Terman, 1967: 18). Menyadari keadaan tersebut, maka diperlukan adanya terobosan untuk menerapkan suatu sistem yang memberikan perhatian lebih khusus kepada para siswa yang memiliki kecerdasan luar biasa, yang dapat diwujudkan melalui konsep “accelerated learning” (Depdiknas, 2001: 2).

Depdiknas (2001: 3) model penyelenggaraan program percepatan belajar yang dititikberatkan pada pada model kelas khusus. Sejalan dengan hal tersebut menurut Semiawan (2001: 8) program percepatan belajar bagi anak-anak yang memiliki kemampuan unggul diberi kesempatan untuk mengikuti pelajaran pada kelas lebih tinggi atau mengikuti kelas khusus.
Berdasarkan uraian di atas, ciri-ciri program akselerasi yaitu:
1). Setiap siswa yang memiliki kecerdasan luar biasa dikelompokan dan diberi kesempatan secara khusus sesuai dengan potensinya.
2).  Pengelompokan biasanya didasarkan pada kemampuan dan kecerdasan.
3). Adanya fasilitas belajar tambahan yang bersifat pendalaman.
4). Diberi kesempatan naik kelas secara meloncat atau menyelesaikan program pendidikan secara lebih cepat.

Archive

Entri Populer