gravatar

Lanjutan ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BAKALAN 03



BAB IV
HASIL PENELITIAN

Soal no 1 Tentukan hasil dari 2 + (-3) + 4
Jawaban yang diharapkan dari siswa adalah 2 + (-3) + 4 = 3
Dari jawaban yang dilakukan siswa menunjukan bahwa siswa masih ada yang menjawab salah untuk pertanyaan diatas. Contoh jawaban yang salah adalah sebagai berikut:
Subyek 3
2 + (-3) + 4 = 2 + (-3) = -1 + 4 = 2
Dari jawaban yang diperoleh siswa tersebut diduga jawaban siswa salah dikarenakan kemungkinan-kemungkinan sebagai berikut:
a.       Siswa belum memahami tentang konsep penjumlahan dua atau lebih bilangan bulat.
b.      Siswa belum memahami tentang penjumlahan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif.
c.       Siswa kurang teliti dalam melakukan operasi bilangan bulat.
d.      Siswa tidak melakukan operasi secara terurut.
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan suatu operasi dasar yang harus ditanamkan secara benar. Untuk penanaman konsep akan lebih efektif jika menggunakan alat peraga seperti mistar, kancing-kancing magnet. Dengan mulai dari bilangan yang sederhana dahulu.

Soal no 2 Tentukan hasil dari -3 - 2 – (-5)
 Jawaban yang diharapkan dari siswa adalah -3 - 2 – (-5) =0
Dari jawaban yang dilakukan siswa menunjukan bahwa siswa masih ada yang menjawab salah untuk pertanyaan diatas. Contoh jawaban yang salah adalah sebagai berikut:
Subyek 2
-3 - 2 – (-5) = (-3 – 2) – (-5) = -5 - (-5) = - 10

Subyek 3
-3 - 2 – (-5) = (-3 - 2) – (-5) = - 1 – (-5) = -4
Dari jawaban yang diperoleh siswa tersebut diduga jawaban siswa salah dikarenakan kemungkinan-kemungkinan sebagai berikut:
a.       Siswa belum memahami tentang operasi pengurangan dua atau lebih bilangan bulat.
b.      Siswa kurang teliti dalam melakukan operasi bilangan bulat.
c.       Siswa kurang mampu mengubah tanda-tanda pada operasi pengurangan bilangan dengan bilangan negatif.
Pengurangan pada bilangan bulat negatif perlu penanaman konsep yang benar. Dengan menggunakan garis bilangan dapat dengan mudah melakukan pengurangan atau dengan permaianan lompat petak.

Soal no 3 Tentukan hasil dari -2 x [5 x (-6)]
Jawaban yang diharapkan dari siswa adalah -2 x [5 x (-6)] = -2 x [-30] = 60
Dari jawaban yang dilakukan siswa menunjukan bahwa siswa masih ada yang menjawab salah untuk pertanyaan diatas. Contoh jawaban yang salah adalah sebagai berikut:
Subyek 2
-2 x [5 x (-6)] = -2 x [-30] = -60
Subyek 3
-2 x [5 x (-6)] = -2 x [30] = 60
Dari jawaban yang diperoleh siswa tersebut diduga jawaban siswa salah dikarenakan kemungkinan-kemungkinan sebagai berikut:
a.       Siswa kurang teliti dalam memahami soal.
b.      Siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal pekalian dua bilangan positif dan negatif.
c.       Siswa kurang teliti dalam menuliskan tanda positif dan negatif dalam kalimat matematika.
Berdasarkan jawaban-jawaban yang salah tersebut kesulitan belajar yang menjadi penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika adalah: kesulitan dalam menggunakan proses yang tepat, kesulitan dalam menerapakan aturan yang relevan, kesulitan menguasai fakta dan konsep prasyarat, kesulitan dalam bekerja kurang teliti, kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam melakukan perhitungan.
            Langkah yang seharusnya dilakukan guru jika siswa mengalami kesulitan belajar matematika adalah:
1.      Memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan karakteristik materi.
2.      Memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.
3.      Memberikan remidial kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.
4.      Penggunaan alat peraga yang tepat.
Langkah yang seharusnya dilakukan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika adalah:
1.      Berusaha memahami konsep operasi hitung pada bilangan bulat.
2.      Menanyakan kepada guru konsep yang belum dipahami.
3.      Berlatih soal dan meminta guru atau orang yang lebih tahu untuk mengoreksi.


BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar adalah kecerobohan siswa dan masalah siswa dalam belajar seperti siswa belajar asal belajar, belajar dengan menghafal, belajar tanpa rencana, siswa pasif dalam pembelajaran, belajar tanpa konsentrasi, belajar tanpa motivasi.
2.      Kesulitan belajar yang menjadi penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika adalah: kesulitan dalam menggunakan proses yang tepat, kesulitan dalam menerapakan aturan yang relevan, kesulitan menguasai fakta dan konsep prasyarat, kesulitan dalam bekerja kurang teliti, kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam melakukan perhitungan.
3.      Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut guru memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan karakteristik materi, penggunaan alat peraga yang tepat sebagai jembatan bagi anak untuk dapat memahami matematika yang bersifat abstrak.

B.     Saran
1.      Guru hendaknya dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran, tidak hanya mengejar materi untuk target kurikulum terselesaikan tapi juga memperhatikan tingkat penguasaan materi siswa.
2.      Guru dapat mengajarkan konsep dengan cara menekankan definisi dan sifat-sifat yang dapat diturunkan dari definisi, menekankan contoh dan alasannya, membandingkan objek yang tidak sesuai dengan konsep dan memberikan contohnya.
3.      Guru hendaknya memberikan tes  dan pekerjaan rumah diakhir pelajaran, yang selalu diperiksa guru dan siswa diminta untuk menjelaskan setiap langkah dalam mengerjakan soal sehingga guru tahu yang belum dikuasai siswa.



DAFTAR PUSTAKA

Lerner, J.W. 1981. Learning disabilities: Theories, diagnosis, dan teaching strategies. Boston, Houghton Mifflin
Sugiarto. 2003. Diagnosis kesulitan siswa SMU dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tesis PPS UNY
Soedjadi. 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas
Suryanto. 2002. Diagnosis kesulitan siswa SLTP dalam belajar matematika. Jurnal pendidikan. Yogyakarta



gravatar

kalo boleh bisa minta file yg dishare lengkap dari bab1-5 ? kalo boleh tolong kirim ke email saya rinda.azmi@gmail.com

Archive

Entri Populer