RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke- : 1(pertama)
Hari, tanggal : kamis,11 april 2013
Kelas/ Semester : x/ Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Faktorisasi Suku Aljabar
Sub-pokok Bahasan : Faktorisasi Bentuk-Bentuk Aljabar
Waktu Pertemuan : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi
Memahami bentuk aljabar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi Dasar
Pemfaktoran bentuk aljabar
B. Indikator
1. Menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan sifat distributif
2. Menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan rumus
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan sifat distributif
2. Siswa dapat menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan rumus
D. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model pembelajaran : Pembelajaran konvensional
2. Alat Pembelajaran : Alat tulis, penggaris
E. Sumber belajar
M. Cholik Adinawan dan Sugijono. 2002. Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII jilid 2. Jakarta: Erlangga
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya: untuk Kelas VIII SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Pertemuan Ke- : 1(pertama)
Hari, tanggal : kamis,11 april 2013
Kelas/ Semester : x/ Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Faktorisasi Suku Aljabar
Sub-pokok Bahasan : Faktorisasi Bentuk-Bentuk Aljabar
Waktu Pertemuan : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi
Memahami bentuk aljabar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi Dasar
Pemfaktoran bentuk aljabar
B. Indikator
1. Menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan sifat distributif
2. Menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan rumus
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan sifat distributif
2. Siswa dapat menguraikan bentuk aljabar ax² + bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 ke dalam faktor-faktornya dengan rumus
D. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model pembelajaran : Pembelajaran konvensional
2. Alat Pembelajaran : Alat tulis, penggaris
E. Sumber belajar
M. Cholik Adinawan dan Sugijono. 2002. Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII jilid 2. Jakarta: Erlangga
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya: untuk Kelas VIII SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional