
Penelitian Relevan
Ira Kurniawati (2004) dalam
penelitiannya yang berjudul: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap
Prestasi belajar Matematika ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas II
SLTPN 15 Surakarta, menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar
siswa yang signifikan pada pokok bahasan jajaran genjang, belah ketupat,
layang-layang dan trapesium, antara siswa yang mengikuti pembelajaran
matematika dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional.
Abu Syafik (2006) dalam
penelitiannya yang berjudul: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Ditinjau dari
Motivasi Belajar Siswa, mengatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunakan kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional
terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan geometri.