EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) SE-KABUPATEN NGAWI
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH
TSANAWIYAH (MTS) SE-KABUPATEN NGAWI
Oleh :
Yundari
Yundari
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang lebih baik, prestasi
belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TAI atau model pembelajaran
TGT, (2) manakah yang lebih baik, prestasi belajar matematika siswa dengan
tingkat kecerdasan emosional tinggi dibandingkan siswa dengan tingkat
kecerdasan emosional sedang atau rendah, dan manakah yang lebih baik, prestasi
belajar matematika siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang
dibandingkan siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah, (3) apakah
terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kecerdasan emosional
siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian
eksperimen semu yang dirancang dengan desain faktorial 2 x 3 dikenakan terhadap
siswa kelas VIII dari 34 MTs di kabupaten Ngawi pada semester pertama tahun
pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
”Stratified-cluster random sampling”. Sampel penelitian sebanyak 196 responden
yang terdiri dari 97 siswa sebagai kelompok eksperimen I dan 99 siswa sebagai
kelompok eksperimen II. Data penelitian kuantitatif dikumpulkan dengan
menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Teknik dokumentasi untuk
mengumpulkan rata-rata dua kali nilai ulangan harian untuk uji keseimbangan,
teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika, dan
teknik angket untuk menentukan kategori tingkat kecerdasan emosional siswa.
Kesimpulan penelitian dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak
sama dan komputasi dengan MINITAB adalah (1) Prestasi belajar matematika siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik
dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang
memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang
memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang atau rendah dan prestasi belajar
matematika siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang lebih baik
dibandingkan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah, (3) Tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kecerdasan
emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.