
BAB V Skripsi
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R lebih efektif
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
3 Depok
pada materi pokok teorema Pythagoras.
Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungant yaitu thitung > ttabel
dengan thitung 2,232 dan ttabel 1,995.
B.
Saran
Berdasarkan hasil
penelitian dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut.
1.
Guru dapat
menggunakan implementasi metode PQ4R sebagai salah satu alternatif untuk
membuat pembelajaran matematika
lebih efektif.
2.
Pembelajaran
dengan implementasi metode PQ4R dapat dikembangkan lagi sehingga selain dapat
meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat
digunakan untuk meningkatkan aspek-aspek yang lain.
3.
Supaya
pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan maksimal maka perlu adanya persiapan
yang matang baik dari peneliti, guru, dan siswa.