gravatar

BAB V Skripsi



PENUTUP

A.    Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok pada materi pokok teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungant yaitu thitung > ttabel dengan thitung 2,232 dan ttabel 1,995.

B.     Saran
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut.
1.      Guru dapat menggunakan implementasi metode PQ4R sebagai salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran matematika lebih efektif.
2.      Pembelajaran dengan implementasi metode PQ4R dapat dikembangkan lagi sehingga selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat digunakan untuk meningkatkan aspek-aspek yang lain.
3.      Supaya pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan maksimal maka perlu adanya persiapan yang matang baik dari peneliti, guru, dan siswa.


Archive

Entri Populer