gravatar

BAB IV Skripsi



HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Gambaran Umum Penelitian
1.      Deskripsi Pengambilan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas  VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang berjumlah 137 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Untuk melaksanakan penelitian eksperimen ini, maka akan dipilih dua kelas sebagai sampel yang akan diteliti sehingga hasil dari penelitian ekperimen ini bisa digeneralisasikan untuk semua kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok.
Untuk bisa dilaksanakan uji parametrik yang berupa uji perbedaan rata-rata dari keempat kelas, maka syarat normalitas dan kehomogenan data harus terpenuhi. Sebelum dilaksanakan uji parametrik yang berupa uji perbedaan rata-rata dari keempat kelas, harus dilaksanakan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. 
a.    Uji normalitas nilai ulangan
Tabel 7
Hasil Uji Normalitas
No
Kelas
Hasil
Kesimpulan
1.
VIII A
0.176
H0 diterima
2.
VIII B
0.165
H0 diterima
3.
VIII C
0.147
H0 diterima
4.
VIII D
0.446
H0 diterima

Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
b.    Uji Homogenitas (nilai ulangan)
Berdasarkan hasil pengujian  diperoleh output yang menunjukan bahwa signifikansi (Sig.) sebesar 0,910 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima, artinya varians (nilai ulangan) pada populasi mempunyai varians yang homogen. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
c.    Uji perbedaan rata-rata nilai ulangan
Berdasarkan hasil pengujian pada tabel ANOVA menunjukkan bahwa signifikansinya sebesar 0,869 > 0,050.  Ini berarti tidak ada perbedaan signifikan rata-rata nilai ulangan antara kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC dan VIIID. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat dalam lampiran 7. Berdasarkan pengambilan secara acak terpilih kelas VIIIA dan kelas VIIIB kemudian secara acak ditentukan bahwa kelas VIIIA sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol.
2.      Pelaksanaan Pembelajaran
a.       Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Eksperimen
Pembelajaran pada kelas eksperimen dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan menggunakan metode PQ4R. Adapun proses pembelajarannya sebagai berikut.
1)      Guru membagikan materi kepada setiap siswa
2)      Siswa melakukan metode PQ4R
a)   Preview       : membaca dengan cepat materi untuk menemukan
 topik-topik yang akan dipelajari
b)   Question      : membuat pertanyaan dari topik-topik yang telah
 dipelajari
c)   Read            : membaca materi
d)  Reflect         : memahami materi yang telah dibaca
e)   Recite          : membuat intisari dari bacaan
f)    Review        : membaca ulang intisari yang telah dibuatnya
3)      Guru menyampaikan kesimpulan  dan memberikan PR.
4)      Penutup
b.      Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Kontrol
Pembelajaran di kelas kontrol dilakukan menggunakan pembelajaran konvensional seperti yang biasa dilakukan. Proses pembelajaran ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Adapun gambaran pelaksanaan pembelajarannya adalah sebagai berikut.
1)      Guru menjelaskan materi dan siswa memperhatikan serta mencatat.
2)      Guru memberikan ksempatan bertanya kepada siswa.
3)      Guru memberikan contoh dan latihan soal untuk dikerjakan siswa.
4)      Selanjutnya guru meminta beberapa siswa menuliskan jawaban di papan tulis dan dibahas bersama-sama.
5)      Guru menyampaikan kesimpulan  dan memberikan PR.
B.     Hasil Penelitian
1.      Uji Prasyarat Analisis
a.       Uji  awal nilai ulangan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
1)      Uji normalitas nilai ulangan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
a)      Uji normalitas awal (nilai ulangan) pada kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh signifikansi (Sig.) pada kolom kolmogorov-smirnov sebesar 0,200 > 0,05 dan (Sig.) pada kolom shapiro-wilk sebesar 0,176 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima, artinya nilai ulangan siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
b)      Uji normalitas awal (Nilai ulangan) pada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh signifikansi (Sig.) pada kolom kolmogorov-smirnov sebesar 0,200 > 0,05 dan (Sig.) pada kolom shapiro-wilk sebesar 0,165 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima, artinya nilai ulangan siswa kelas kontrol berdistribusi normal. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
2)      Uji homogenitas (nilai ulangan)
Berdasarkan hasil pengujian  diperoleh output yang menunjukan bahwa signifikansi (Sig.) sebesar 0,689 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima, artinya varians nilai ulangan siswa kelas eksperimen dan nilai ulangan siswa kelas kontrol keduanya homogen. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
3)      Uji t nilai ulangan kelas eksperimen dan kelas kontrol
Berdasarkan hasil pengujian pada tabel independent samples test menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu 0,401 <  1,995 serta diketahui signifikansinya sebesar 0,986 > 0,050.  Ini berarti tidak ada perbedaan signifikan rata-rata nilai ulangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat dalam lampiran 7.

Archive

Entri Populer