BAB IV Skripsi
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum
Penelitian
1. Deskripsi Pengambilan
Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang berjumlah 137 siswa yang terbagi menjadi
4 kelas. Untuk melaksanakan penelitian eksperimen ini, maka akan dipilih dua
kelas sebagai sampel yang akan diteliti sehingga hasil dari penelitian
ekperimen ini bisa digeneralisasikan untuk semua kelas VIII SMP Muhammadiyah
3 Depok.
Untuk bisa dilaksanakan uji parametrik
yang berupa uji perbedaan rata-rata dari keempat kelas, maka syarat normalitas
dan kehomogenan data harus terpenuhi. Sebelum dilaksanakan uji parametrik yang
berupa uji perbedaan rata-rata dari keempat kelas, harus dilaksanakan uji
prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
a.
Uji normalitas nilai ulangan
Tabel 7
Hasil Uji Normalitas
No
|
Kelas
|
Hasil
|
Kesimpulan
|
1.
|
VIII A
|
0.176
|
H0 diterima
|
2.
|
VIII B
|
0.165
|
H0 diterima
|
3.
|
VIII C
|
0.147
|
H0 diterima
|
4.
|
VIII D
|
0.446
|
H0 diterima
|
Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
b.
Uji
Homogenitas (nilai ulangan)
Berdasarkan hasil pengujian diperoleh output yang menunjukan bahwa
signifikansi (Sig.) sebesar 0,910 > 0,05 hal ini berarti H0
diterima, artinya varians (nilai ulangan)
pada populasi mempunyai varians
yang homogen. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
c. Uji perbedaan rata-rata nilai ulangan
Berdasarkan hasil pengujian pada tabel ANOVA menunjukkan bahwa signifikansinya sebesar 0,869 >
0,050. Ini berarti tidak ada perbedaan signifikan rata-rata nilai ulangan antara kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC dan VIIID. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat dalam lampiran 7. Berdasarkan
pengambilan secara acak terpilih kelas VIIIA
dan kelas VIIIB
kemudian secara acak ditentukan bahwa kelas VIIIA sebanyak 35 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIIIB
sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol.
2.
Pelaksanaan
Pembelajaran
a. Pelaksanaan
Pembelajaran Kelas Eksperimen
Pembelajaran pada kelas eksperimen dilaksanakan
sebanyak lima kali pertemuan
menggunakan metode PQ4R. Adapun
proses pembelajarannya sebagai berikut.
1) Guru membagikan materi kepada setiap siswa
2) Siswa melakukan metode PQ4R
a) Preview : membaca dengan cepat
materi untuk menemukan
topik-topik yang akan dipelajari
b) Question : membuat pertanyaan dari topik-topik yang telah
dipelajari
c) Read : membaca materi
d) Reflect : memahami materi yang telah dibaca
e) Recite : membuat intisari dari bacaan
f) Review : membaca ulang intisari yang telah dibuatnya
3)
Guru
menyampaikan kesimpulan dan memberikan PR.
4) Penutup
b. Pelaksanaan
Pembelajaran Kelas Kontrol
Pembelajaran di kelas kontrol dilakukan menggunakan pembelajaran konvensional seperti yang biasa dilakukan. Proses
pembelajaran ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Adapun gambaran pelaksanaan pembelajarannya
adalah sebagai berikut.
1)
Guru menjelaskan materi
dan siswa memperhatikan serta mencatat.
2)
Guru memberikan ksempatan
bertanya kepada siswa.
3)
Guru memberikan contoh dan
latihan soal untuk dikerjakan siswa.
4)
Selanjutnya guru meminta
beberapa siswa menuliskan jawaban di papan tulis dan dibahas bersama-sama.
5)
Guru
menyampaikan kesimpulan dan memberikan PR.
B. Hasil Penelitian
1. Uji Prasyarat Analisis
a.
Uji awal nilai ulangan siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol.
1)
Uji normalitas nilai ulangan kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
a)
Uji
normalitas awal (nilai ulangan) pada kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil pengujian,
diperoleh signifikansi (Sig.) pada kolom kolmogorov-smirnov
sebesar 0,200 > 0,05 dan (Sig.) pada kolom shapiro-wilk
sebesar 0,176 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima,
artinya nilai ulangan siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. Pengujian
lebih lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
b)
Uji
normalitas awal (Nilai ulangan) pada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil pengujian,
diperoleh signifikansi (Sig.) pada kolom kolmogorov-smirnov
sebesar 0,200 > 0,05 dan (Sig.) pada kolom shapiro-wilk sebesar 0,165 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima,
artinya nilai ulangan siswa kelas kontrol berdistribusi normal. Pengujian lebih
lengkap dapat dilihat dalam lampiran 6.
2)
Uji
homogenitas (nilai ulangan)
Berdasarkan hasil pengujian diperoleh output
yang menunjukan bahwa signifikansi (Sig.) sebesar 0,689 > 0,05 hal ini berarti H0 diterima,
artinya varians nilai ulangan siswa kelas eksperimen dan nilai ulangan siswa kelas kontrol keduanya homogen. Pengujian lebih lengkap dapat dilihat
dalam lampiran 6.
3) Uji t nilai ulangan kelas
eksperimen dan kelas kontrol
Berdasarkan hasil pengujian pada tabel independent samples
test menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu 0,401
< 1,995 serta diketahui signifikansinya sebesar 0,986
> 0,050. Ini berarti tidak ada perbedaan signifikan rata-rata
nilai ulangan antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat
dalam lampiran 7.
klau survey dgn eksperimen sama g skripsinya?