
Tinjauan Pustaka Skripsi
A.
Tinjauan
Pustaka
Hasil
penelitian Nur Laely Ahda Riyanti (2010:45) menunjukkan ada peningkatan
keberanian siswa-siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil tes tertulis yang
dilakukan sebelum putaran, putaran I, putaran II, dan putaran III penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum putaran
prestasi belajar siswa yang mendapat nilai 65 sebesar 50%, putaran I 62,5%,
putaran II 87,5%, putaran III meningkat menjadi 95%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan strategi PQ4R dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan keberanian siswa mengemukakan ide dan prestasi belajar siswa[1].
Hasil
penelitian Siti
Masruroh (2009:41) menunjukkan bahwa dengan pembelajaran PQ4R, hasil belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan
dengan ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan dari 56,67% pada siklus
I, menjadi 86,67% pada siklus II[2].
Hasil
penelitian Dian Ayu Suryaningsih (2010:43) hasil analisis data dengan taraf
signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan penggunaan metode
pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 5,437,
(2) Terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika dengan FB = 4,855 (3) Tidak terdapat interaksi antara
metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika dengan FAB = 0,563[3].
Adapun penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah mirip dengan
penelitian di atas, yaitu efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode
PQ4R terhadap hasil belajar siswa sedangkan perbedaan penelitian ini dengan
penelitian di atas terletak pada pokok bahasan yang akan diteliti, populasi, sampel, dan jenis
penelitian yang akan dilakukan. Pada penelitian di atas menggunakan jenis penelitian tindakan
kelas sedangkan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Adapun ringkasan tinjauan pustaka seperti pada tabel 2 sebagai
berikut.
B.
Kerangka
Berpikir
Hasil belajar siswa
masih rendah karena siswa masih belum terbiasa membaca buku pelajaran
matematika padahal dengan membaca siswa bisa mengetahui bahkan memahami
pelajaran yang dipelajari. Hal ini disebabkan
karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang mendorong
siswa untuk membaca. Untuk
mengatasinya dengan menggunakan metode pembelajaran yang mendukung siswa untuk
terbiasa membaca buku pelajaran matematika.
Metode pembelajaran
PQ4R, dalam proses
pembelajarannya siswa diberi bahan ajar untuk belajar sendiri materi
pelajarannya, tanpa penjelasan terlebih dahulu dari gurunya. Hal ini
dimaksudkan untuk mengajak siswa lebih berfikir kreatif, serta dapat
memunculkan ide-ide yang dituangkan dalam menjawab soal dengan mengkontruksikan
pengetahuan awal yang mereka miliki. Siswa juga diberi kesempatan untuk lebih aktif
membaca. PQ4R merupakan metode
yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca. Proses pembelajaran ini diawali dengan preview
(membaca dengan cepat untuk menemukan topik-topik yang akan dipelajari), question
(membuat pertanyaan dari topik-topik yang dipelajari), read (membaca
bahan ajar), reflect (memahami bacaan dalam bahan ajar), recite
(membuat intisari dari bacaan), review (membaca secara menyeluruh
intisari yang telah dibuatnya). Pembelajaran matematika menggunakan metode PQ4R
diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan siswa dituntut
untuk belajar mandiri dan lebih aktif dalam pembelajaran.
C.
Hipotesis
Berdasarkan rumusan
dan analisis masalah yang ada, maka hipotesisnya adalah pembelajaran matematika
menggunakan metode PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Depok pada pokok bahasan teorema Phytagoras.
[1] Nur Laely Ahda Riyanti. 2010. Peningkatan Keberanian Siswa Mengemukakan Ide dan Prestasi Belajar
Matematika pada Bangun Datar Lingkaran melalaui Penerapan Strategi Belajar PQ4R. (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA
Universitas Muhammadiyah Surakarta).
[2] Siti
Masruroh. 2009. Implementasi Metode Pembelajaran PQ4R (Preview,
Question, Read, Reflect, Recite, Review).
(Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang).
[3]
Dian Ayu
Suryaningsih. 2010. Pembelajaran
Matematika Dengan Metode SQ3R Ditinjau dari Keaktifan Siswa dalam Belajar
Matematika Pokok Bahasan Segitiga. (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Muhammadiyah
Surakarta).