Pengertian Prestasi Belajar
Pengertian Prestasi Belajar
Menurut Ahli
Menurut
Drs. H. Abu Ahmadi menjelaskan Pengertian Prestasi Belajar sebagai
berikut: Secara teori bila sesuatu kegiatan dapat memuaskan suatu kebutuhan,
maka ada kecenderungan besar untuk mengulanginya. Sumber penguat belajar dapat
secara ekstrinsik (nilai, pengakuan, penghargaan) dan dapat secara ekstrinsik
(kegairahan untuk menyelidiki, mengartikan situasi).
Disamping
itu siswa memerlukan/ dan harus menerima umpan balik secara langsung derajat
sukses pelaksanaan tugas (nilai raport/nilai test) (Psikologi Belajar DRS.H Abu
Ahmadi, Drs. Widodo Supriyono 151)
Definisi
diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar ialah
hasil usaha bekerja atau belajar yang menunjukan ukuran
kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai. Sedangkan prestasi belajar
hasil usaha belajar yang berupa nilai-nilai sebagai ukuran
kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang, prestasi belajar
ditunjukan dengan jumlah nilai raport atau test nilai sumatif.
Ada
beberapa cara untuk meningkatkan prestasi salah satunya adalah dengan memperhatikan
dan mencermati gaya belajar dan cara belajar yang baik.
Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi
belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan
perubahan belajar, baik di
sekolah maupun di luar sekolah. Di dalam webster’s New Internasional Dictionary
mengungkapkan tentang prestasi yaitu:
“Achievement test a
standardised test for measuring the skill or knowledge by person in one more
lines of work a study” (Webster’s New Internasional Dictionary, 1951 : 20)
Mempunyai arti kurang lebih prestasi adalah standart test
untuk mengukur kecakapan atau pengetahuan bagi seseorang didalam satu atau lebih
dari garis-garis pekerjaan atau belajar. Dalam kamus populer prestasi ialah hasil
sesuatu yang telah dicapai (Purwodarminto, 1979 : 251)
Pengertian
Prestasi Belajar, Sebelum membahas pengertian prestasi belajar
secara utuh, kita perlu mendefinisikan prestasi belajar secara rinci atau
membahasnya satu persatu. Yaitu mendefinisikan kata kata prestasi dankata belajar.
Sehingga bisa diambil kesimpulan tentang pengertian prestasi
belajar.
Beberapa Pakar berpendapat tentang pengertian prestasi
adalah sebagai berikut, Muray (1990 : 290) berpendapat bahwa prestasi adalah mengatasi
hambatan, melatih kekuatan, berusaha melakukan sesuatu yang sulit dengan baik
dan secepat mungkin.
Sementara itu menurut Abdul Qohar, prestasi adalah segala
sesuatu yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang
menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja”.
Tidak jauh berbeda dari abdul Qohar, Djamarah mendefinisikan
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan,
dicipatkan, baik secara individual maupun kelompok.
Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa pengertian prestasi
segala sesuatu yang ada yang diperoleh dengan cara atau
proses mengatasi, mengerjakan, atau melatih dengan baik yang dilakukan oleh individu
maupunkelompok.
Untuk definisi belajar juga diambil pendapat para pakar
antara lain, Witherington, dalam buku Educational Pychology mendefinisikan
Belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri
sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap,
kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. ( Drs. Ngalim Purwanto, MP,
Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya)
Cronbach berpendapat bahwa Belajar adalah
memperlihatkan perubahan dalam perilaku sebagai hasil daripengalaman.
Menurut Morgan Belajar adalah setiap perubahan yang relatif
menatap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau
pengalaman.
Dari pendapat tersebut dapat diambil pemahaman bahwa belajar
bukan hanya berupa kegiatan mempelajari suatu mata pelajaran secara foemal,
tetapi belajar juga merupakan masalah setiap orang, hampir setiap kecakapan,
ketrampilan, pengetahuan, kebiasaan, kegemaran dan sikap manusia terbentuk,
dimodifikasi dan berkembang karena belajar, kegiatan belajar dapat terjadi
dimana-mana baik dilingkungan keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan formal
disekolah.
Adapun perubahan yang diharapkan sebagai hasil belajat itu
antara lain meliputi perubahan-perubahan pada aspek koginitif yang meliputi
perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan
ketrampilan/kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut,
aspek efektif meliputi perubahan-perubahan dari segi sikap mental, perasaan dan
kesadaran. Dan aspek psokomotor meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentuk
tindakan motorik
Berdasarkan kesimpulan perngertian prestasi dan
pemahaman tentang belajar, maka Pengertian Prestasi Belajar adalah
segala sesuatu yang dicapai dimana prestasi itu menunjang kecakapan seorang
manusia.