gravatar

Pengertian Prestasi Belajar


Pengertian Prestasi Belajar Menurut Ahli
Menurut Drs. H. Abu Ahmadi menjelaskan Pengertian Prestasi Belajar sebagai berikut: Secara teori bila sesuatu kegiatan dapat memuaskan suatu kebutuhan, maka ada kecenderungan besar untuk mengulanginya. Sumber penguat belajar dapat secara ekstrinsik (nilai, pengakuan, penghargaan) dan dapat secara ekstrinsik (kegairahan  untuk menyelidiki,  mengartikan situasi).
Disamping itu siswa memerlukan/ dan harus menerima umpan balik secara langsung derajat sukses pelaksanaan tugas (nilai raport/nilai test) (Psikologi Belajar DRS.H Abu Ahmadi, Drs. Widodo Supriyono 151)
Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar ialah hasil usaha bekerja atau belajar yang menunjukan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai. Sedangkan prestasi belajar hasil usaha belajar yang berupa nilai-nilai sebagai ukuran kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang, prestasi belajar ditunjukan dengan jumlah nilai raport atau test nilai sumatif.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan prestasi salah satunya adalah dengan memperhatikan dan mencermati  gaya belajar dan cara belajar yang baik.

Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan perubahan belajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Di dalam webster’s New Internasional Dictionary mengungkapkan tentang prestasi yaitu:
“Achievement test a standardised test for measuring the skill or knowledge by person in one more lines of work a study” (Webster’s New Internasional Dictionary, 1951 : 20)
Mempunyai arti kurang lebih prestasi adalah standart test untuk mengukur kecakapan atau pengetahuan bagi seseorang didalam satu atau lebih dari garis-garis pekerjaan atau belajar. Dalam kamus populer prestasi ialah hasil sesuatu yang telah dicapai (Purwodarminto, 1979 : 251)
Pengertian Prestasi Belajar, Sebelum membahas pengertian prestasi belajar  secara utuh, kita perlu mendefinisikan prestasi belajar secara rinci atau membahasnya satu persatu. Yaitu mendefinisikan  kata kata prestasi dankata belajar.  Sehingga bisa diambil kesimpulan tentang pengertian prestasi belajar.
Beberapa Pakar berpendapat tentang  pengertian prestasi adalah sebagai berikut, Muray (1990 : 290) berpendapat bahwa prestasi adalah mengatasi hambatan, melatih kekuatan, berusaha melakukan sesuatu yang sulit dengan baik dan secepat mungkin.
Sementara itu menurut Abdul Qohar, prestasi adalah segala sesuatu  yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja”.
Tidak jauh berbeda dari abdul Qohar, Djamarah mendefinisikan  Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, dicipatkan, baik secara individual maupun kelompok.
Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa pengertian prestasi segala sesuatu yang ada yang  diperoleh dengan cara atau proses mengatasi, mengerjakan, atau melatih dengan baik yang dilakukan oleh individu maupunkelompok.
Untuk definisi belajar juga diambil pendapat para pakar antara lain, Witherington, dalam buku Educational Pychology mendefinisikan  Belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. ( Drs. Ngalim Purwanto, MP, Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya)
Cronbach  berpendapat bahwa Belajar adalah memperlihatkan perubahan dalam perilaku sebagai hasil daripengalaman.
Menurut Morgan Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menatap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Dari pendapat tersebut dapat diambil pemahaman bahwa belajar bukan hanya berupa kegiatan mempelajari suatu mata pelajaran secara foemal, tetapi belajar juga merupakan masalah setiap orang, hampir setiap kecakapan, ketrampilan, pengetahuan, kebiasaan, kegemaran dan sikap manusia terbentuk, dimodifikasi dan berkembang karena belajar, kegiatan belajar dapat terjadi dimana-mana baik dilingkungan keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan formal disekolah.
Adapun perubahan yang diharapkan sebagai hasil belajat itu antara lain meliputi perubahan-perubahan pada aspek koginitif yang meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan ketrampilan/kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut, aspek efektif meliputi perubahan-perubahan dari segi sikap mental, perasaan dan kesadaran. Dan aspek psokomotor meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentuk tindakan motorik
Berdasarkan kesimpulan perngertian prestasi dan pemahaman tentang belajar, maka Pengertian Prestasi Belajar adalah segala sesuatu yang dicapai dimana prestasi itu menunjang kecakapan seorang manusia.

Archive

Entri Populer