
BAB III Skripsi
A.
Jenis dan Desain
Penelitian
Jenis penelitian dalam skripsi ini
adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Dipilih eksperimen
semu dikarenakan peneliti tidak mengacak subyek dan membentuk sebuah kelas
baru, melainkan dengan subyek yang ada dalam kelas tersebut.
Penelitian quasi experiment
ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatment) kepada suatu kelas
yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan dengan
kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) yang selanjutnya
disebut kelas kontrol.
Desain quasi experiment yang
digunakan adalah desain posttest only
control group design.[1] Gambaran dari
desain penelitian seperti pada tabel 3 sebagai berikut.
Tabel
2
Desain Penelitian Eksperimen
Grup
|
Variabel terikat
|
Post-test
|
Eksperimen
|
X
|
Y1
|
Kontrol
|
-
|
Y2
|
Keterangan.
Y1 : Hasil post-test di kelas eksperimen
Y2 : Hasil post-test di kelas
kontrol
X
:
Adanya perlakuan atau treatment
selama eksperimen
- : tidak diberi perlakuan atau treatment selama eksperimen
B.
Tempat dan Waktu Penelitian
1.
Tempat Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Penelitian ini dilaksanakan pada
kelas VIII semester Gasal tahun ajaran 2010/2011.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap
tahun ajaran 2010/2011 yaitu pada bulan Januari tahun 2011 sebanyak 5 kali pertemuan. Adapun
jadwal penelitian seperti pada tabel 4 sebagai berikut.
C.
Populasi dan Sampel
Penelitian
1.
Populasi Penelitian
Dalam
penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun
ajaran 2010/2011, yang terbagi dalam
empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 137
siswa. Adapun populasi penelitian seperti pada tabel 5 sebagai berikut.
Tabel 3
Populasi
Penelitian
Kelas
|
Jumlah
Siswa
|
VIIIA
|
35
|
VIIIB
|
36
|
VIIIC
|
35
|
VIIID
|
31
|
Jumlah
|
137
|
2.
Sampel Penelitian
Berdasarkan
pengambilan secara acak terpilih kelas VIIIA
dan kelas VIIIB kemudian secara acak ditentukan bahwa kelas VIIIA sebanyak 35 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIIIB
sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol.
D.
Variabel Penelitian
Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah pembelajaran menggunakan metode PQ4R sedangkan variabel
terikatnya adalah hasil
belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan teorema Pythagoras.
E.
Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian merupakan
langkah atau tahap yang dilakukan dalam penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari tahap pra eksperimen, eksperimen, dan pasca
eksperimen.
1.
Pra Eksperimen
Tahap
ini merupakan tahap persiapan sebelum dilaksanakannya eksperimen, yang meliputi
penentuan sampel dari populasi untuk memilih sampel yang akan dijadikan kelas kontrol
dan kelas eksperimen. Langkah-langkah dalam tahap ini adalah.
a.
Wawancara dengan guru
mata pelajaran matematika kelas VIII
untuk mengetahui hasil
belajar siswa dilihat dari nilai-nilai ulangan matematika (lampiran 9).
b.
Melakukan observasi
pembelajaran yang dilakukan guru matematika dalam menyampaikan materi pelajaran
matematika di dalam kelas.
c.
Mengambil data nilai ulangan terakhir mata pelajaran
matematika SMP
Muhammadiyah 3 Depok untuk kemudian diuji homogenitas dan normalitasnya.
d.
Menganalisis data nilai
ulangan pada sampel
untuk uji normalitas dan homogenitas. Uji ini masih dugaan sementara bahwa
kelas sampel tersebut normal dan homogen.
e.
Melakukan tes uji coba
terhadap soal yang akan digunakan dalam penelitian. Uji coba ini dilaksanakan
di kelas yang berbeda di luar kelas sampel.
f.
Melakukan analisis
terhadap hasil uji coba tes untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya
pembeda, dan taraf kesukaran soal.
g.
Menentukan soal-soal
yang memenuhi syarat berdasarkan tes uji coba.
2.
Eksperimen
Tahap
eksperimen yang dilakukan meliputi.
a.
Tahap treatment atau perlakuan, yang dilakukan
dengan cara menerapkan metode PQ4R untuk siswa kelas eksperimen.
b.
Tahap post-test
atau tahap akhir, yang diberikan kepada siswa kelas kontrol dan kelas
eksperimen.
3.
Pasca Eksperimen
Tahap
ini merupakan tahap penyelesaian. Dalam tahap ini, data post test dianalisis
dengan menggunakan perhitungan secara statistik. Hasil dari perhitungan
tersebut berguna untuk menjawab hipotesis apakah diterima atau ditolak.