gravatar

BAB III Skripsi

METODE PENELITIAN

A.    Jenis dan Desain Penelitian
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Dipilih eksperimen semu dikarenakan peneliti tidak mengacak subyek dan membentuk sebuah kelas baru, melainkan dengan subyek yang ada dalam kelas tersebut.
Penelitian quasi experiment ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatment) kepada suatu kelas yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) yang selanjutnya disebut kelas kontrol.
Desain quasi experiment yang digunakan adalah desain posttest only control group design.[1] Gambaran dari desain penelitian seperti pada tabel 3 sebagai berikut.
Tabel 2
Desain Penelitian Eksperimen
Grup
Variabel terikat
Post-test
Eksperimen
X
Y1
Kontrol
-
Y2


Keterangan.
Y1   : Hasil post-test di kelas eksperimen
Y2    : Hasil post-test di kelas kontrol
X    : Adanya perlakuan atau treatment selama eksperimen
-      : tidak diberi perlakuan atau treatment selama eksperimen




B.     Tempat  dan Waktu Penelitian
1.      Tempat Penelitian
            Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII semester Gasal tahun ajaran 2010/2011.
2.      Waktu Penelitian
            Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 yaitu pada bulan Januari tahun 2011 sebanyak 5 kali pertemuan. Adapun jadwal penelitian seperti pada tabel 4 sebagai berikut.
C.    Populasi dan Sampel Penelitian
1.      Populasi Penelitian
Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2010/2011, yang terbagi dalam empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 137 siswa. Adapun populasi penelitian seperti pada tabel 5 sebagai berikut.
Tabel 3
Populasi Penelitian
Kelas
Jumlah Siswa
VIIIA
35
VIIIB
36
VIIIC
35
VIIID
31
Jumlah
137

2.      Sampel Penelitian
Berdasarkan pengambilan secara acak terpilih kelas VIIIA dan kelas VIIIB kemudian secara acak ditentukan bahwa kelas VIIIA sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol.
D.    Variabel Penelitian
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode PQ4R sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan teorema Pythagoras.
E.     Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian merupakan langkah atau tahap yang dilakukan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tahap pra eksperimen, eksperimen, dan pasca eksperimen.
1.      Pra Eksperimen
            Tahap ini merupakan tahap persiapan sebelum dilaksanakannya eksperimen, yang meliputi penentuan sampel dari populasi untuk memilih sampel yang akan dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Langkah-langkah dalam tahap ini adalah.
a.       Wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII untuk mengetahui hasil belajar siswa dilihat dari nilai-nilai ulangan matematika (lampiran 9).
b.      Melakukan observasi pembelajaran yang dilakukan guru matematika dalam menyampaikan materi pelajaran matematika di dalam kelas.
c.       Mengambil data nilai ulangan terakhir mata pelajaran matematika SMP Muhammadiyah 3 Depok untuk kemudian diuji homogenitas dan normalitasnya.
d.      Menganalisis data nilai ulangan pada sampel untuk uji normalitas dan homogenitas. Uji ini masih dugaan sementara bahwa kelas sampel tersebut normal dan homogen.
e.       Melakukan tes uji coba terhadap soal yang akan digunakan dalam penelitian. Uji coba ini dilaksanakan di kelas yang berbeda di luar kelas sampel.
f.       Melakukan analisis terhadap hasil uji coba tes untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran soal.
g.      Menentukan soal-soal yang memenuhi syarat berdasarkan tes uji coba. 
2.      Eksperimen
            Tahap eksperimen yang dilakukan meliputi.
a.       Tahap treatment atau perlakuan, yang dilakukan dengan cara menerapkan metode PQ4R untuk siswa kelas eksperimen.
b.      Tahap post-test atau tahap akhir, yang diberikan kepada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen.
3.      Pasca Eksperimen
            Tahap ini merupakan tahap penyelesaian. Dalam tahap ini, data post test dianalisis dengan menggunakan perhitungan secara statistik. Hasil dari perhitungan tersebut berguna untuk menjawab hipotesis apakah diterima atau ditolak.


22 Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, ( Alfabeta: Bandung, 2008), Hal.112.

Archive

Entri Populer